Sabtu, 14 Juli 2012

Salmadanis Bantah Menganak Emaskan Alumni MTI Candung

Persiapan IAIN Imam Bonjol Padang menjadi UIN (Universitas Islam Negeri) sudah mulai intens  dilakukan Rektor, Prof. Dr. H. Makmur Syarif, SH, M.A, salah satunya dengan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah aliyah (SLTA.red).

Terakhir,  Rektor berkunjung ke sekolahnya dulu, MTI (Madrasah Tarbiyah Islamiyah) Candung, Kabupaten Agam, Senin (09/04).

Berita tentang kunjungan ini dimuat di Koran Harian Singgalang tanggal 10 april lalu. Menariknya, dalam berita tersebut Pembantu Rektor (PR) I Dr. Syafruddin dan PR II Prof. Dr. H. Salmadanis menyatakan, “Khusus untuk MTI Candung, alumninya sekitar  60 persen akan mendapatkan fasilitas beasiswa bidik misi, DIPA, BAZ, dan lainnya,”.

Pernyataan tersebut secara tidak langsung menyatakan bahwa IAIN akan menganak emaskan alumni MTI Candung, seperti yang dituturkan mahasiswa berinisial FM, “Ini nantinya pasti akan menimbulkan kecemburuan sosial bagi mahasiswa yang bukan alumni MTI Candung, kesannya ada pilih kasih,” pungkasnya.

Tanggapan juga muncul dari Yazid, salah seorang alumni MTI Candung. “Sebenarnya hal ini hanya sekedar muluik manih dari pejabat IAIN untuk menarik siswa canduang, dalam kenyataan belum tentu seperti itu,” ujar mahasiswa jurusan Al-ahwal Asy-syakhsiyyah (AS) Fakultas syari’ah ini.

Mengklarifikasi hal ini, Salmadanis mengatakan, “60 persen itu bukan dari semua mahasiswa IAIN, tapi dari orang candung yang  lulus di IAIN, yang lulus di IAIN dari candung biasanya juga tidak seberapa, berkisar sepuluh orang. Kalau dilihat dari persentase itu hanya 6 orang saja yang mendapatkan beasiswa, jadi tidak bisa dikatakan menganak emaskan,“ tanggapnya.

Lanjutnya, “Mahasiswa dari Candung ini pun juga harus memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa,  seperti Surat Miskin dari wali nagari, IP min. 3, berkelakuan baik, dan mendapat rekomendasi dari fakultas,” ujar Guru Besar Fakultas dakwah ini saat ditemui di ruangannya, Kamis (12/04).

Sumber: http://suarakampus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar